Ukraina Dapat kucuran Dana Rp243,9 Triliun

Pratiwi - Selasa, 12 Desember 2023 17:02 WIB
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva (Reuters/Susana Vera)

Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui pencairan dana sebesar US$900 juta (setara Rp14 triliun) untuk Ukraina dari program pinjaman sebesar US$15,6 miliar (setara Rp243,9 triliun), Senin, 11 Desember 2023.

Hal itu beberapa jam sebelum Ketua IMF, Kristalina Georgieva, bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. “Georgieva bertemu dengan Zelenskiy selama hampir satu jam di kantor pusat IMF di Washington dan mengatakan kepadanya, dewan eksekutif IMF dengan suara bulat mendukung Ukraina, terlepas dari satu negara,” kata pejabat IMF.

Dewan menyetujui kesepakatan staf yang telah dicapai bulan lalu dengan otoritas Ukraina. Itu setelah tinjauan kedua atas kemajuan Kyiv dalam pinjaman Fasilitas Dana Moneter Internasional (EFF) empat tahun yang disetujui awal tahun ini.

Ini membuka jalan untuk pencairan dana sebesar US$900 juta, sehingga total pendanaan IMF untuk Ukraina tahun ini mencapai US$4,5 miliar. “EFF terus memberikan jangkar yang kuat untuk program ekonomi pemerintah, dan implementasinya telah berjalan sesuai rencana meskipun dengan latar belakang yang sangat menantang,” kata IMF.

Georgieva mengatakan ekonomi Ukraina telah terbukti tangguh meskipun invasi Rusia pada Februari 2022 dan biaya sosial dan ekonomi yang sangat besar yang ditimbulkannya.

“Ke depan, sementara pemulihan diperkirakan akan berlanjut, prospek memiliki risiko signifikan yang terutama berasal dari ketidakpastian terkait perang yang sangat tinggi,” ujar Georgieva, dikutip dari Reuters, Selasa, 12 Desember 2023. “Penting juga pembiayaan eksternal dengan persyaratan lunak berlanjut secara tepat waktu dan dapat diprediksi.”

Zelenskiy berada di Washington untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden dan pejabat kongres teratas saat ia berupaya menopang dukungan untuk bantuan keamanan AS yang berkelanjutan untuk membantu Kyiv melanjutkan perjuangannya melawan invasi Rusia.

Menurut data kementerian keuangan, Ukraina telah menerima lebih dari US$68,5 miliar dukungan anggaran sejak perang dimulai. Pemerintahnya memperkirakan defisit anggaran sekitar US$43 miliar pada tahun 2024 dan berencana untuk menutupinya dengan pinjaman dalam negeri dan bantuan keuangan dari mitra Baratnya.

Tetapi para pejabat Ukraina semakin khawatir tentang kepastian pembiayaan, dan beberapa analis memperkirakan bantuan Barat akan mulai berkurang tahun depan. Gavin Gray, kepala misi IMF untuk Ukraina, meminta Ukraina untuk melakukan restrukturisasi utang komersial eksternal yang ambisius pada paruh pertama tahun 2024 untuk membantu memulihkan keberlanjutan utang.

Gray mengatakan kepada wartawan bahwa IMF telah meningkatkan perkiraan pertumbuhan Ukraina untuk tahun 2023 menjadi 4,5% dari kisaran sebelumnya sebesar 1% menjadi 3%, dan memperkirakan pertumbuhan sebesar 3% menjadi 4% pada tahun 2024. Pejabat kedua mengatakan pertumbuhan tahun 2023 berpotensi melebihi 4,5%.

Ditanya tentang kemungkinan kelelahan donor internasional, Gray mengatakan Ukraina masih menghadapi risiko dalam mengamankan pembiayaan eksternal, tetapi mereka belum tentu lebih tinggi daripada selama tinjauan pertama program pinjaman Ukraina senilai US$15,6 miliar.

Dia mengatakan IMF akan melakukan tinjauan ketiga di bawah pinjaman EFF pada musim semi, dan akan mencari langkah-langkah oleh Ukraina untuk meningkatkan pendapatan pajaknya. (*)

Tags UkrainaIMFBagikan

RELATED NEWS