Ukraina Mencalonkan Diri sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Pratiwi - Rabu, 05 Oktober 2022 17:45 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Ukraina akan bergabung dengan Spanyol dan Portugal dalam upayanya menjadi tuan rumah bersama pada perhelatan Piala Dunia 2030 mendatang. Hal tersebut sontak menimbulkan banyak pertanyaan. Seperti yang diketahui, saat ini situasi di Ukraina sedang tidak kondusif semenjak meletusnya perang dengan Rusia pada awal 2022.

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez menyampaikan, sudah berkoordinasi dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy terkait ajakan Ukraina masuk dalam bidding untuk menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2030.

"Presiden Zelenskyy sudah setuju dengan Ukraina masuk dalam bidding untuk menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2030," ungkap Pedro seperti dilansir The Times pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Menurut The Times, kerja sama ini akan diumumkan oleh Presiden Sepak Bola Spanyol dan Portugal saat konferensi pers di markas besar Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) di Nyon, Swiss pada Rabu 5 Oktober 2022 waktu setempat.

Sebagai informasi, Spanyol dan Portugal pernah mengikuti bidding untuk jadi tuan rumah pada gelaran Piala Dunia 2018. Namun, saat itu keduanya kalah oleh Rusia.

Jika Spanyol, Portugal, dan Ukraina memutuskan untuk maju bersama, otomatis mereka akan bersaing dengan banyak negara lain yang akan menjadi tuan rumah pada perhelatan Piala Dunia 2030.

Penentuan siapa yang akan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2030 akan diumumkan melalui kongres FIFA pada 2024.

Selain itu, empat tahun berselang setelah Piala Dunia Qatar, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2026.

Pada Piala Dunia 2026 nanti akan ada tambahan peserta yang terlibat. Dari yang awalnya 32 tim, akan bertambah menjadi 48 tim. Jumlah itu bertambah 16 tim dari kuota yang ada pada Piala Dunia Qatar 2022.

Sebanyak 16 kota sudah ditunjuk oleh FIFA untuk Piala Dunia 2026. Amerika Serikat mendapat jatah tuan rumah paling banyak.

Adapun lokasi yang ditunjuk adalah Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York/New Jersey, Philadelphia, San Fransisco, dan Seattle.

Sementara untuk pertandingan di Kanada akan berlangsung di Toronto dan Vancouver. Kemudian untuk Meksiko akan dihelat di Guadalajara, Mexico City dan Monterrey. (*)

Tags UkrainaBagikan

RELATED NEWS