UPJ Indonesia City Metrics

Pratiwi - Rabu, 09 Agustus 2023 07:07 WIB
null


Buku UPJ Indonesia City Metrics (UPJ-ICM) adalah sebuah kajian perkotaan yang memotret 42 kota besar dan menengah di Indonesia dari perspektif holistik dalam lima segi, yaitu infrastruktur dan aksesibilitas (Urban Development), perekonomian (Urban Growth), sosial masyarakat (Urban Society), seni budaya (Urban Culture), serta teknologi dan penelitian (Urban and the Future).

Buku ini diluncurkan di di kampus Universitas Pembangunan Jaya di Bintaro Jaya .

UPJ-ICM tidak dimaksudkan untuk mempertandingkan kota-kota tersebut, namun untuk dijadikan rujukan bagi berbagai pihak dalam memilih kota yang tepat untuk tinggal, belajar, bekerja, ataupun berusaha. Selain itu, UPJ-ICM, yang rencananya akan dimutakhirkan secara berkala, juga diharapkan memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan kota, termasuk perencana, pengelola, dan pengambil keputusan di bidang perkotaan, dalam membuat kebijakan, perencanaan, dan pengembangan kota yang lebih baik di masa mendatang.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka. Pj. Gubernur Jakarta, selaku pemegang saham utama PT Pembangunan Jaya, Gubernur Banten, dan Walikota Tangerang Selatan turut hadir dalam acara tersebut. Selain itu, Prof. Bambang Brojonegoro, Dr. Kecuk Suhariyanto, Ir. Bernie Djonopoetro, CEO PT Pembangunan Jaya, Bp. Trisna Muliadi, M.B.A., para direksi PT Pembangunan Jaya, akademisi, pemerhati perkotaan, serta hadirin lainnya juga ikut memeriahkan acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta tidak hanya meresmikan peluncuran buku hasil UPJ- ICM, tetapi juga menyerahkan buku tersebut kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI, Gubernur Banten, Walikota Tangerang Selatan, para akademisi, dan penggiat perkotaan. Penyerahan buku ini menjadi simbol dari upaya untuk menyampaikan hasil kajian UPJ kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan.

Sebagai rangkaian dari acara peluncuran buku UPJ-ICM, dilaksanakan pula talkshow dengan tema "Tantangan dan Peluang Pembangunan Kota Tangerang Selatan" yang disampaikan oleh Walikota Tangerang Selatan, Bapak Drs. H. Benyamin Davnie.
Peluncuran buku UPJ-ICM dan talkshow tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang perkembangan perkotaan dan memberikan pemahaman tentang tantangan dan peluang dalam pembangunan kota.

Pada hari yang sama, berlangsung pula acara peresmian perpustakaan UPJ dan talkshow tentang ‘Literasi Kesejahteraan’ yang menghadirkan Bapak Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. (Kepala Perpustakaan Nasional RI) sebagai narasumber. (*)

Bagikan

RELATED NEWS