Wamendag Lepas Ekspor Komponen Sepeda PT Shimano Batam

Pratiwi - Minggu, 27 Februari 2022 11:12 WIB
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga (kanan) bersama President Direktur Shimano Batam, Mr. Choo Chong Boo

BATAM (sijori.id) - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina dan President Direktur Shimano Batam, Mr. Choo Chong Boo melakukan pelepasan ekspor produk komponen sepeda PT Shimano Batam di Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (26 Februari 2022).

Wamendag menyampaikan, tren bersepeda tidak hanya memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam mendorong ekspor komponen sepeda.

"Ekspor komponen sepeda pada periode 2020-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 62,55% dengan nilai USD 1,12 miliar pada tahun 2021," urai Wamendag.

Wamendag mengapresiasi dan menyambut baik ekspor PT Shimano Batam tahun 2020 yang mencapai Rp725 milliar bahkan untuk tahun lalu 2021 mencapai Rp979 milliar dengan jumlah komponen sepeda sebanyak 93,13 juta unit komponen, dan diharapkan akan terus meningkat untuk tahun ini dan tahun berikutnya.

Wamendag menambahkan, "dalam rangka program peningkatan ekspor nasional, pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, akan terus mendorong peningkatan nilai ekspor dari sektor industri. Kementerian Perdagangan akan terus mendorong terciptanya nilai tambah produk ekspor Indonesia serta perluasan pasar ke negara-negara mitra dagang."

Shimano Batam sendiri didirikan pada tanggal 17 Juli 1991, sebagai anak perusahaan dari Shimano Singapore.

Di Batam, Shimano memiliki dua pabrik. Pabrik perakitan komponen sepeda (sejak 1991) dan pabrik alat pancing (sejak 1993).

Secara global, bermula dari Shimano Iron Works, pendahulu Shimano Inc. yang didirikan pada tahun 1921 oleh Shozaburo Shimano di kota Sakai, Osaka Jepang.

Produksi pertamanya adalah freewheel sepeda tunggal, yang membutuhkan keterampilan teknis terbesar untuk memproduksinya.

Pada tahun 1951, nama perusahaan berubah menjadi Shimano Industrial Co., LTD.

Shimano American Corporation (saat ini Shimano North America Holding, Inc.) hadir sebagai kantor penjualan luar negeri pertama di tahun 1965.

Adapun Shimano Singapore Pte. Ltd sebagai basis manufaktur luar negeri pertama di tahun 1973. Pada tahun 1991, nama perusahaan diubah menjadi Shimano Inc.

Sejak berdirinya Shimano, Kantor Pusat tetap berada di Sakai, kota kelahiran Shimano. Shimano Inc. adalah kantor pusat dan memiliki berbagai fungsi, termasuk perencanaan, pengembangan, perancangan, pembuatan, dan berbagai fungsi pendukung lainnya untuk memasok komponen sepeda, peralatan pancing dan peralatan dayung.

(*)

Editor: Pratiwi
Tags shimanoWamendag Bagikan

RELATED NEWS