WhatsApp Bersiap Memperkenalkan Fitur Baru

Pratiwi - Selasa, 07 November 2023 14:44 WIB
ilustrasi WhatsApp Business API | freepik

(sijori.id) - WhatsApp sedang bersiap untuk memperkenalkan fitur baru yang menarik, tapi saat ini masih dalam versi beta. Fitur itu adalah foto profil ganda yang diklaim mampu meningkatkan personalisasi dan privasi bagi para penggunanya.

Menurut WAbetainfo, fitur profil ganda yang akan datang ini adalah wujud nyata komitmen WhatsApp untuk melindungi privasi pengguna. Dengan adanya update ini, pengguna akan memiliki kemampuan untuk mengatur bukan hanya satu tapi dua gambar profil sekaligus.

Tidak hanya itu, visibilitas foto atau gambar untuk foto profil juga akan bergantung pada jenis kontak yang melihatnya, sehingga semua kendali akan berada di tangan pengguna.

Untuk gambar atau foto profil utama, Anda bisa memilih untuk membagikannya dengan kontak yang telah dipilih sambil tetap menyembunyikannya dari orang lain. Sementara itu, foto profil sekunder akan ditampilkan kepada mereka yang tidak masuk dalam kontak Anda atau tidak memiliki akses terhadap foto profil utama Anda.

Intinya fitur pintar ini ingin memastikan bahwa foto profil utama Anda tetap pribadi dan terlindung dari pengguna yang tidak diinginkan.

Fitur Foto Profil Ganda di WhatsApp

WhatsApp memperkenalkan menu privasi baru yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan siapa yang dapat melihat foto profil Anda. Anda juga dapat memilih dari empat opsi yang tersedia yaitu everyone, my contact, my contacts with the exception, dan no one.

Dengan menu tersebut, Anda dapat dengan mudah membatasi akses ke foto profil utama berdasarkan preferensi Anda. Selain itu, fitur foto profil ganda ini juga menjadi cara sederhana dan efektif untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi Anda.

Manfaat adanya fitur profil ganda ini dapat meluas ke kehidupan kita sehari-hari sekaligus interaksi di media sosial. Anda dapat memutuskan untuk menyembunyikan foto profil Anda dari semua kontak sehingga memberikan lapisan privasi tambahan. Hal yang penting untuk diketahui adalah bahwa fitur ini tidak berarti memblokir kontak atau menghalangi komunikasi Anda dengan orang lain.

Kapan Fitur Foto Profil Ganda Tersedia di WhatsApp?

Saat ini fitur ini hanya tersedia secara eksklusif dalam versi pengujian aplikasi Android. Akan tetapi, diprediksi fitur foto profil ganda akan segera diluncurkan ke WhatsApp yang lebih stabil dan secara global dalam waktu dekat. Jika Anda ingin tetap update dalam setiap pembaruan WhatsApp, Anda bisa memastikan untuk memeriksa pembaruannya di Google Play Store atau App Store.

WhatsApp Bisa Terhubung dengan Alamat Email

Tidak hanya soal foto profil ganda, WhatsApp versi beta untuk Android juga telah memunculkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memasukkan alamat email dan menautkan ke akun WhatsApp. Pengaturan ini dapat diakses di bagian Akun atau Account dan pengaturan WhatsApp.

Fitur ini disediakan WhatsApp dengan tujuan memfasilitasi login pengguna. Meski fitur ini hanya bersifat opsional, hal ini adalah langkah yang direkomendasikan bagi Anda yang cenderung memprioritaskan peningkatan keamanan dan pemulihan akun. (*)

Tags WhatsApp Bagikan

RELATED NEWS