WHSP Sodorkan Tawaran US$2 M untuk Perpetual

Pratiwi - Kamis, 07 Desember 2023 12:28 WIB
Dolar Australia (Reuters/Daniel Munoz)

Investor asal Australia Washington H Soul Pattinson (WHSP) (SOL.AX), telah mengajukan penawaran sebesar A$3,1 miliar (sekitar US$2 miliar) untuk pengelola dana domestik Perpetual (PPT.AX) dalam konsolidasi terbaru di sektor manajemen kekayaan negara.

WHSP merupakan pemegang saham terbesar Perpetual dengan kepemilikan sebesar 9,9%. Tawaran ini diajukan beberapa jam setelah Perpetual mengumumkan niatnya untuk memisahkan bisnis corporate trust dan wealth management dari divisi manajemen aset intinya.

Perpetual, yang mengalami lonjakan saham sebesar 6% setelah kabar tinjauan strategis, tidak memberikan tanggapan atas permintaan komentar terkait tawaran WHSP yang diumumkan setelah jam perdagangan berakhir.

Tawaran saham indikatif yang tidak mengikat tersebut menilai Perpetual seharga A$27 per saham, yang merupakan premi sebesar 28,6% dari harga sahamnya pada 13 November ketika WHSP mengungkapkan peningkatan kepemilikan di perusahaan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, WHSP menyatakan tawaran tersebut meminta agar bisnis manajemen aset Perpetual dipisahkan dan didistribusikan kembali kepada pemegang saham existing Perpetual.

WHSP akan tetap memiliki kepemilikan atas bisnis manajemen kekayaan dan kepercayaan korporat Perpetual, sambil mengambil tanggung jawab terhadap sekitar $A700 juta utang Perpetual. Penawaran sebesar $A3,1 miliar ini akan terdiri dari scrip WHSP senilai $A1,06 miliar dan scrip Manajemen Aset Perpetual senilai $A2 miliar.

“WHSP percaya bahwa kompleksitas dari kelompok Perpetual bersama dengan latar belakang pasar saat ini dan tingginya leverage keuangan Perpetual memberikan tekanan pada harga saham dan membatasi fleksibilitas strategis Perpetual,” kata perusahaan tersebut, dilansir dari Reuters, Rabu, 6 Desember 2023.

Analisis ekuitas Morningstar, Shaun Ler, menyatakan tawaran WHSP mewakili nilai yang wajar bagi Perpetual pada saat iklim makroekonomi tidak mendukung para pengelola dana.

Ia menambahkan, kesepakatan itu juga memungkinkan investor untuk mencairkan uang tanpa perlu mengambil risiko eksekusi dari rencana Perpetual sendiri untuk memisahkan aset. (*)

Tags WHSPBagikan

RELATED NEWS