Zelenskiy Menolak Gagasan Pemilu pada Masa Perang

Pratiwi - Selasa, 07 November 2023 15:42 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy

(sijori.id) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menolak gagasan apa pun yang tidak bertanggung jawab untuk mengadakan pemilihan di masa perang. Hal itu menyusul pembicaraan memanas baru-baru ini apakah Kyiv harus memberikan suara ketika diserang Rusia.

Dalam upayanya meminta kesatuan dan menghindari pembicaraan politik yang sia-sia, komentar Zelenskiy tampaknya menolak saran bahwa Ukraina seharusnya mengadakan pemungutan suara untuk menunjukkan kredensial demokratisnya tetap terjaga.

Meskipun hukum militer yang dinyatakan di negara tersebut pada awal invasi Rusia pada Februari 2022 melarang pemerintah mengadakan pemilu, telah ada perdebatan yang meningkat di dalam dan luar negeri mengenai kemungkinan pemilihan pada Maret 2024.

Dalam pidatonya, Zelenskiy mengatakan sangat penting untuk berkonsentrasi pada tantangan militer yang dihadapi Ukraina saat mencoba mengusir pasukan Rusia yang menduduki hampir seperlima daratannya, lebih dari 20 bulan setelah melancarkan invasi mereka.

“Kita semua mengerti bahwa sekarang, di masa perang, ketika ada banyak tantangan, sama sekali tidak bertanggung jawab untuk terlibat dalam topik yang berkaitan dengan pemilu dengan cara yang sembrono,” katanya, dilansir dari Reuters, Selasa, 7 November 2023.

“Kita perlu menyadari ini adalah waktu untuk pertahanan, waktu untuk pertempuran, di mana nasib negara dan rakyatnya bergantung. Saya yakin pemilu saat ini tidak tepat.”

Di masa damai, Ukraina akan mengadakan pemilihan parlemen pada bulan Oktober dan putaran pertama pemilihan presiden pada awal musim semi 2024.

Senator Republikan Amerika Serikat, Lindsey Graham, dan beberapa pejabat Barat lainnya telah mendorong Kyiv untuk mengadakan pemilu untuk menunjukkan bahwa mereka dapat menggelar pemilihan yang bebas dan adil saat berada dalam situasi perang.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan akhir pekan lalu presiden mempertimbangkan pro dan kontra dari pemilu di masa perang.

Zelenskiy sendiri sebelumnya mengatakan dia akan siap untuk mengadakan pemungutan suara jika Ukraina mendapatkan bantuan yang dibutuhkannya dan jika pemilihan dianggap perlu.

Ketidaksabaran Barat

Meskipun popularitas Zelenskiy meroket setelah dimulainya invasi Rusia, ada tanda-tanda meningkatnya ketidaksetujuan terhadap pemimpin Ukraina tersebut di kalangan beberapa sekutu barat Kyiv.

Tampaknya juga ada pertikaian dalam kepemimpinan negara setelah komandan tertinggi Ukraina menunjukkan bahwa perang telah mencapai tahap statis, suatu penafsiran yang sangat dibantah oleh Zelenskiy selama akhir pekan.

Pada Senin, 6 November 2023, Zelenskiy mengatakan jika memang diperlukan untuk mengakhiri pembicaraan yang memecah belah, ada struktur negara yang mampu mengambil keputusan tersebut dan memberikan semua jawaban yang diperlukan kepada masyarakat.

Dia juga mengatakan sangat penting bagi lembaga-lembaga negara untuk sepenuhnya mendukung upaya perang dan tidak hanya fokus pada batu paving atau perbaikan jalan.

Negara, harus lebih fokus pada pertahanan, terutama di tingkat regional, dan meminta upaya untuk memastikan tidak terjadi serangan Rusia seperti yang terjadi akhir pekan lalu terhadap sebuah brigade Ukraina di mana pejabat militer mengatakan 19 tentara tewas.

Zelenskiy sebelumnya mengatakan serangan di wilayah Zaporizhzhia selatan adalah tragedi yang bisa dihindari. Media Ukraina melaporkan para prajurit tewas dalam upacara penghargaan pada hari Jumat, meskipun keadaan lengkapnya masih belum jelas. (*)

Tags Zelenskiy Bagikan

RELATED NEWS