Tips
Sabtu, 07 Mei 2022 16:15 WIB
Penulis:Pratiwi
Menurut survei Jakpat pada April-Juni 2021, mayoritas konsumen Indonesia memilih metode COD ketika berbelanja di e-commerce. Survei juga menunjukkan bahwa konsumen dengan tujuan pengiriman luar Pulau Jawa mendominasi pembayaran metode COD.
Hal ini dikarenakan sistem COD memberi kemudahan bagi pembeli tanpa harus melakukan transaksi e-banking maupun datang ke gerai ATM atau minimarket untuk membayar. Pembeli pun merasa lebih tenang karena pembayaran dilakukan di tempat ketika paket sudah sampai.
Namun, metode ini kemudian digunakan penipu dengan berbagai modus, misalnya pembeli dibujuk untuk membeli barang melalui iklan atau online store palsu, barang yang dibeli tidak sesuai deskripsi, bahkan dibujuk untuk membayar barang yang tidak mereka beli. Pembeli biasanya baru menyadari penipuan setelah membayar dan membuka paket. Menurut situs Cekrekening.id, kasus penipuan online dari e-commerce dan jualan online di media sosial hingga September 2021 mencapai 115.756 kasus.
Untuk menghindari kerugian akibat penipuan, Ninja Xpress membagikan 6 tips transaksi COD aman sebagai berikut:
1. Lakukan riset yang teliti. Belanja hanya dari e-commerce dan penjual yang terpercaya. Cek track record penjual, ulasan dari pembeli lain, dan apakah penjual memiliki beberapa akun yang berbeda.
2. Cek deskripsi dan harga barang. Apabila harganya terlalu murah maka kemungkinan ada penipuan. Jika memungkinkan, pilih pembayaran non tunai.
3. Setelah memesan, pastikan tanggal pengiriman paket dan informasikan anggota keluarga jika tidak berada di rumah.
4. Pastikan paket yang sampai memang dari penjual yang sama dengan jenis barang yang memang dibeli. Jangan terima paket jika data tidak sesuai ataupun jika tidak merasa melakukan pembelian.
5. Lakukan pembayaran kepada kurir. Yang harus dipahami adalah pembeli baru dapat membuka paket setelah melakukan pembayaran.
6. Yang terpenting adalah ketika barang datang, jangan lupa untuk mengambill foto dan video unboxing. Hindari mengeluhkan kondisi isi paket kepada kurir karena kurir hanya menjadi perantara yang bahkan terkadang tidak memiliki kontak penjual.
Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penyelesaian masalah yang dialami pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer) Ninja Xpress menghadirkan peningkatan layanan konsumen (customer care) yang bebas repot dan tanpa drama. Layanan Customer Care Ninja Xpress akan memberikan respon cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email dan maksimal 2x24 jam setiap hari. Juga akan menghadirkan resolusi tepat untuk setiap kebutuhan shipper ataupun konsumen.
Bagikan