Oppenheimer Sabet Lima Penghargaan dalam Ajang Golden Globes

Selasa, 09 Januari 2024 08:44 WIB

Penulis:Pratiwi

Waduh! Oppenheimer Dirumorkan Akan Dilarang Penayangannya di Jepang
.


(sijori.id) - Film biografi drama sejarah yang disutradarai oleh Christoper Nolan, Oppenheimer berhasil menyabet total lima penghargaan dalam ajang Golden Globes pada Minggu, 7 Januari 2023.

Kelima penghargaan itu adalah drama terbaik, sutradara terbaik untuk Nolan, skor terbaik, serta kemenangan akting untuk sang aktor utama Cillian Murphy dan Robert Downey Jr.

Dalam memenangkan sutradara terbaik, Nolan berhasil mengalahkan Greta Gerwig yang menyutradarai “Barbie”. Film yang sama viralnya dengan Oppenheimer dan menciptakan fenomena gabungan “Barbenheimer” dengan total pendapatan US$2,4 miliar atau setara Rp36 triliun (asumsi kurs Rp15.000) tahun lalu di box office.

Emma Thomas, produser film ini sekaligus istri sang sutradara menyebut hasil karya suaminya tentang “salah satu perkembangan paling kelam dalam sejarah kita,” tersebut “tidak seperti apapun yang dilakukan orang lain,”

Di sisi lain, Murphy yang berperan sebagai ilmuwan brilian J.Robert Oppenheimer memuji Christoper Nolan sebagai “sutradara visionernya,” sementara Downey Jr yang memerankan rival sang protagonis memuji film tersebut sebagai sebuah “mahakarya”.

Oppenheimer mengisahkan tentang seorang ilmuwan fisika pintar yang bertugas untuk memimpin suatu proyek rahasia yaitu The Manhattan Project. Proyek ini diketahui memiliki tujuan mengembangkan bom atom untuk membantu mempersenjatai Amerika Serikat ketika masa Perang Dunia II.

Oppenheimer yang dituduh sebagai komunis oleh berbagai pihak akhirnya berhasil membuat bom atom, sebuah senjata yang sangat berbahaya. Keberhasilannya ini justru membuat dirinya bimbang dan sadar bahwa ciptaannya dapat menimbulkan bahaya yang dahsyat untuk manusia.

Oleh karena itu, ia akhirnya meminta agar penggunaan bom atom harus atas kontrol internasional agar tidak digunakan oleh sembarangan pihak tidak bertanggung jawab.

Film Oppenheimer meraih pencapaian mengesankan di tangga box office. Hanya dalam tiga minggu sejak perilisannya, film Oppenheimer karya sutradara Christopher Nolan telah meraih pendapatan global sebesar US$552,9 juta atau sekitar Rp8,29 triliun (kurs Rp15.000). Film ini menunjukkan daya tarik yang kuat di tengah persaingan yang ketat industri perfilman.

Prestasi ini menjadikan Oppenheimer sebagai film R-rated terlaris sepanjang tahun 2023. Film ini juga berhasil mencatat rekor sebagai film R-rated dari Universal Pictures yang paling cepat mencapai pendapatan domestik sebesar US$200 juta atau sekitar Rp3 triliun. Selain itu, Oppenheimer  juga berhasil mencatatkan prestasi sebagai film dengan latar belakang perang dunia kedua yang memiliki pendapatan tertinggi. (*)