4 Hal Penting Pemasaran Digital
JAKARTA (sijori.id) - 4 langkah penting dalam membangun pondasi pemasaran digital yang tepat sasaran, yaitu:
1. Spesifik dalam menentukan profil audiens
Pelaku usaha harus bisa menetapkan profil calon pembeli atau pengguna layanan yang akan dituju untuk pemasaran produk secara spesifik berikut dengan pola kebiasaan mereka.
Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan sebagai acuan profiling misalnya (1) siapa calon pembeli utama yang ditargetkan berdasarkan gender, usia, keuangan, dan persona? (2) apa yang menjadi pertimbangan mereka untuk membeli suatu produk atau jasa? dan (3) apa saja aspek yang memengaruhi pengambilan keputusan tersebut?
2. Menetapkan kanal pemasaran digital yang akan digunakan
Selanjutnya, pelaku bisnis perlu memilih kanal pemasaran digital yang akan digunakan untuk menyasar calon pembeli, dan pemilihan itu bisa disesuaikan dengan profiling calon konsumen.
Pemilihan kanal juga sangat dipengaruhi oleh jenis produk atau layanan yang akan ditawarkan. Kanal yang bisa digunakan di antaranya website, media sosial, e-mail, dan sebagainya.
Misalnya, untuk usaha restoran, media sosial bisa menjadi kanal yang tepat untuk memasarkan produk. Sementara itu, untuk usaha seperti alat berat yang mana para konsumennya kemungkinan besar tidak mencari produk di media sosial, website bisa menjadi kanal yang diutamakan.
3. Petakan customer journey
Setelah memahami profil dan kebiasaan calon konsumen, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mencari tahu pola perilaku mereka dalam mengambil keputusan pembelian.
Sangat lazim apabila calon pembeli menggunakan lebih dari satu kanal dalam proses mereka untuk sampai ke keputusan tersebut. Misalnya, seseorang yang sedang mencari produk kuliner mungkin akan mencari restoran di media sosial.
Setelah itu, mereka kemungkinan akan menggunakan mesin pencarian untuk melihat reputasi, ulasan, dan alamat restoran.
Dengan melacak customer journey atau proses konsumen dalam mengambil keputusan, pemilik usaha bisa menyusun strategi untuk mengoptimalkan masing-masing kanal dalam rangka menarik perhatian audiens.
4. Persiapkan konten
Aspek yang paling menentukan kesuksesan pemasaran digital adalah konten yang dihadirkan. Strategi pembuatan konten digital yang tepat dapat menjadi kunci kesuksesan dalam menjangkau konsumen sebanyak mungkin.
Ada banyak cara untuk memunculkan daya tarik pada suatu konten, misalnya dengan desain yang menarik, pilihan warna yang tepat, atau melibatkan influencer dalam pembuatannya. (*)