5 Cara agar Produk UMKM Dilirik Konsumen

Pratiwi - Selasa, 15 Maret 2022 15:01 WIB
ilustrasi undefined

Ada beberapa hal yang bikin produk UMKM dilirik konsumen. Yaitu ….

Keunikan Produk

Saking banyaknya produk yang dikeluarkan oleh berbagai UMKM, Anda sebagai pelaku UMKM haruslah memiliki produk yang unik dan memiliki ciri khas. Dengan keunikan tersebut, produk Anda tentunya akan lebih bisa bersaing di pasaran.

Selain itu, produk yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri memungkinkan Anda untuk memiliki pasar tersendiri. Barang yang unik cenderung sulit untuk ditiru karena merupakan hasil pemikiran sendiri. Maka dari itu, Anda bisa menciptakan pasar sendiri untuk produk tersebut dan mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

Iklan Dengan Tujuan Jelas

Iklan yang memiliki tujuan jelas tentu saja akan lebih mudah diterima oleh banyak orang, terutama oleh calon konsumen. Jangan sampai iklan yang Anda buat terkesan tidak jelas dan membingungkan orang yang melihatnya.

Sebagai contoh, jika Anda akan membuat sebuah iklan yang mempromosikan varian atau jenis baru dari produk yang Anda buat, maka fokuslah kepada tujuan tersebut, jangan membuat iklan yang out of topic.

Memanfaatkan Online Marketing

Online marketing juga akan membuat produk yang Anda buat semakin dilirik oleh konsumen. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam platform, baik media sosial maupun ecommerce untuk mempromosikan produk Anda.

Beberapa strategi online marketing juga bisa diterapkan untuk menjaga eksistensi produk yang Anda buat.

Promo Menarik

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk Anda dan membuatnya semakin dilirik adalah dengan mengadakan promo menarik.

Promo yang ditawarkan bisa berupa potongan harga, kupon hadiah, cashback, atau promo lainnya. Anda juga bisa mengadakan promo di hari-hari atau momen penting, seperti libur akhir/awal tahun, lebaran idul fitri, hari raya natal, atau hari-hari besar lainnya.

Komunikasi yang Baik

Hal yang bikin produk UMKM dilirik konsumen yang terakhir adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para konsumen. Ini merupakan faktor eksternal dari produk yang Anda tawarkan.

Dengan menjalin komunikasi yang baik, konsumen akan dengan senang hati membeli produk UMKM Anda dan memiliki potensi untuk menjadi pelanggan tetap.

Itulah lima hal yang bikin produk UMKM dilirik konsumen. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menjalankan usaha Anda. (*)

Tags caraUMKMTips Bagikan

RELATED NEWS