5 Tips Bisnis dari Bos Amazon, Jeff Bezos

Pungki - Jumat, 24 Desember 2021 06:59 WIB
Jeff Bezos CEO Amazon

Jeff Bezos, bos Amazon.com memiliki 5 tips sukses berbisnis.

Dilansir dari akun Instagram @febians25, seorang Personal Finance, berikut tips sukses berbisnis dari Jeff Bezos.

1. Fokus pada konsumen

Menurut Bezos, yang perlu ditakuti dalam berbisnis ialah konsumen bukan kompetitor. Sebagai pembisnis, tentunya kita harus mengetahui hal-hal yang membuat konsumen lebih puas baik dari produk maupun pelayanan yang diberikan. Jika konsumen senang dengan produk dan pelayanan yang diberikan tentu saja bisnis akan berkembang lebih baik.

2. Berorientasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun)

Berbisnis dengan jangka waktu pendek memang lebih mudah, namun bisnis ini tidak bertahan lama dan keuntungan yang didapat tidak terjamin. Saat memulai bisnis Amazon, Bezos melihat potensi jangka panjang internet yang terus berkembang hingga mampu membuat Amazon bertahan sampai dengan saat ini. Dengan orientasi bisnis jangka panjang ini bukan hanya sekedar mencari keuntungan tapi juga tentang memberikan value terhadap hidup orang lain.

3. Miliki semangat seorang pemula

Pembisnis pemula biasanya memiliki semangat dan tekad yang kuat dalam mempelajari sesuatu. Tidak ada kesuksesan yang tidak dimulai dengan kegagalan. Seperti halnya Bezos, pembisnis ini berulang kali mengalami kegagalan saat menjalani bisnisnya. Kegagalan dan risiko merupakan guru terbaik yang akan menuntun Anda pada kesuksesan apapun.

4. Biarkan data yang berbicara

Jeff Bezos sering kali mengambil keputusan penting berdasarkan data valid yang telah dikumpulkan. Menurutnya, manusia bisa saja salah namun angka tidak pernah berdusta.

5. Stay Hungry

Sebagai pembisnis yang ingin terus mengembangkan usahanya, Jeff Bezos memiliki pendirian untuk tidak cepat puas dengan pencapaian tertentu. Terus belajar dan berinovasi dengan hal-hal baru dan informasi ter-update seputar produk/karya yang anda jual. (*)

Tags Tips Bagikan

RELATED NEWS