Mengenal Tanaman Stevia

Pratiwi - Minggu, 17 Maret 2024 22:32 WIB
Ilustrasi tanaman stevia.

(sijori.id) — Awal tahun ini, harga gula konsumsi hampir menyentuh Rp18.000 per kg. Kondisi ini tentu cukup mengimpit perekonomian mengingat gula masih menjadi pilihan utama untuk bahan pemanis. Namun bukannya tak ada solusi untuk mengatasi hal ini.

Selain mengendalikan konsumsi, Anda dapat menanam tanaman stevia sebagai pengganti gula. Tanaman dengan nama latin Stevia rebaudiana ini belakangan mulai dilirik sebagai pengganti gula karena rasanya yang lebih manis tapi tidak mengandung kalori.

Stevia bahkan bisa dimanfaatkan penderita penyakit tertentu yang harus membatasi konsumsi gula dalam diet harian. Dikutip dari ditjenbun.pertanian.go.id, Kamis, 14 Maret 2024, stevia merupakan tanaman pengganti paling ideal untuk gula.

Jenis tanaman semak ini tingginya kurang lebih mencapai 65 sentimeter, berbatang bulat, beruas, bercabang banyak, dan berwarna hijau. Stevia dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 500 – 1.500 m dpl dan punya daya regenerasi yang kuat sehingga tahan terhadap pemangkasan.

Tanaman stevia sebagai alternatif tanaman penghasil pemanis alami memiliki keunggulan tingkat kemanisa daripada gula tebu. Tingkat kemanisan gula stevia sekitar 250 – 300 kali tingkat kemanisan sukrosa atau gula tebu.

Bagian daun stevia banyak digunakan untuk bahan pembuatan gula atau pemanis alami. Anda dapat memotong daun stevia untuk kemudian dikeringkan. Pengeringan dapat menggunakan alat atau dijemur di bawah sinar matahari. Daun yang sudah kering bisa disimpan di toples untuk persediaan atau diolah menjadi bubuk.

Anda hanya perlu memasukkan beberapa helai daun untuk secangkir minuman karena tingkat kemanisan stevia yang tinggi. Jika Anda terbiasa menambahkan 2 sendok teh gula dalam kopi atau teh, dengan stevia Anda cukup menambahkan 1 sendok teh.

Aman Dikonsumsi

Meski jauh lebih manis dibanding gula biasa, stevia tidak mengandung kalori. Sebagai perbandingan, dalam satu sendok teh (sekitar 4,2 gram) gula biasa terdapat 16 kalori dan 4 gram karbohidrat. Sedangkan dalam 1 sendok teh stevia terdapat 0 kalori dan hanya 1 gram karbohidrat.

Hingga saat ini, stevia terbukti aman untuk dikonsumsi. Namun, Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari agar jumlah gula dan kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Batasan asupan gula untuk laki-laki adalah 37,5 gram atau 9 sendok teh per hari. Sedangkan untuk perempuan sebanyak 25 gram atau 6 sendok teh per hari.

Tanaman stevia sendiri dapat ditemui di toko penjualan tanaman terdekat maupun di lokapasar (marketplace). Bibit tanaman ini biasanya dijual dengan harga cukup terjangkau yakni Rp15 ribu-Rp20 ribu. Yuk menanam stevia sebagai pengganti gula! (*)

Tags SteviaBagikan

RELATED NEWS