Xiaomi Dilaporkan Akan Ganti MIUI Jadi MiOS

Pratiwi - Kamis, 12 Oktober 2023 14:18 WIB
Xiaomi 13T

(sijori.id) - Xiaomi tampaknya telah siap melakukan transformasi dalam sistem UI berbasis Android. Bersamaan dengan MIUI 14, Xiaomi mulai meninggalkan era MIUI yang memiliki berbagai fitur dan inovasi ikonik.

Seperti yang dilansir Trenasia dari Gizchina dari laporan Digital Chat Station, MIUI 14 adalah puncak dari seri MIUI. MIUI 14 sendiri mendapatkan pujian di mana mampu menawarkan pengalaman tingkat atas kepada pengguna meski masih ada sedikit jeda dalam efek animasi.

MIUI juga kabarnya tidak akan dilanjutkan ke MIUI 15 sebagai penerusnya, tapi Xiaomi justru bersiap untuk menggunakan sistem UI yang benar-benar baru yang kabarnya bernama MiOS. Meski belum resmi, dikabarkan MiOS Xiaomi akan mulai dirilis bersamaan dengan Xiaomi 14 Series yang akan datang.

Xiaomi dikabarkan berhasil mendapatkan nama domain “mios.cn” dari Ministry of Industry and Information Technology atau Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi pada November 2022. Meskipun situs web tersebut saat ini menampilkan kesalahan 403, hal ini diyakini menunjukkan komitmen Xiaomi untuk menciptakan pengalaman UI yang lebih fresh atau baru.

Digital Chat Station juga memberikan bocoran mengenai kemajuan Xiaomi dalam mengembangkan sistem operasi yang dikerjakan sendiri ini yang dirancang untuk terhubung dengan suatu terminal baru. Meski begitu, sistem ini masih dalam penyempurnaan dan kabarnya telah mencapai kemajuan yang pesat.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa sistem yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi ini diperkirakan akan diterapkan pada AIoT atau artificial Intelligence of Things terlebih dahulu dan big terminals sebelum berpotensi untuk diperluas ke smartphone.

Terlepas dari hal itu, hingga kini keunggulan atau fitur dari MiOS masih menjadi misteri, termasuk apakah MIUI adalah sistem yang ditingkatkan di Android atau sistem operasi yang benar-benar baru. Akan tetapi, hal yang jelas terjadi adalah Xiaomi sedang mempersiapkan perubahan besar dalam ekosistem perangkat lunak atau softwarenya. (*)

Editor: Pratiwi
Tags XiaomiBagikan

RELATED NEWS