Pesan untuk Anak Kos

Pratiwi - Minggu, 20 Agustus 2023 16:07 WIB
ilustrasi | freepik

(sijori.id) - Kuliah di tempat yang jauh seperti luar kota atau luar negeri mau tidak mau akan memaksa kamu untuk meninggalkan rumah dan mulai hidup mandiri di tempat tinggal sementara seperti kos atau asrama.

Robert Farington, kontributor senior di Forbes menyarankan Anda untuk melakukan 4 tips ini agar keuangan Anda sehat selama masa studi.

1. Cari Pekerjaan Part Time
Jika memungkinkan Farington menyarankan Anda untuk mencari uang ekstra agar finansial bisa terbantu.

Bayaran dari pekerjaan ini dapat Anda gunakan untuk membayar buku kuliah, perlengkapan kuliah dan pembayaran-pembayaran lain untuk menyelesaikan gelar Anda.

Senada dengan pendapat Farington, guru keuangan Jordan Mangaliman dari Goldline Financial Services menyarankan Anda untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jadwal.

Selain memberikan uang gaji, pekerjaan part time juga bisa memberikan pengalaman dan kemampuan berorganisasi yang akan dibutuhkan untuk karier Anda kedepannya.

2. Buat dan Gunakan Anggaran Bulanan
Chief Lending Officer di Mission Lane, Lisa Fischer mengatakan tahun pertama kuliah adalah waktu yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mengelola keuangan secara efektif.

Termasuk memiliki pemahaman tentang situasi keuangan mereka, membuat anggaran bulanan, dan mematuhinya.

“Melacak keuangan Anda secara teratur sangat penting untuk kesejahteraan finansial Anda dimanapun Anda berada,” jelas Fischer.

3. Tekan Biaya Hidup

Walaupun Anda bisa hidup mewah di rumah, kehidupan kampus memaksa Anda untuk mulai hidup sederhana dan murah.

Jennifer Seitz, yang menjabat sebagai direktur pendidikan di Greenlight , berkata bahwa mahasiswa benar-benar perlu berfokus pada "kebutuhan" daripada "keinginan".

4. Manfaatkan Privilese yang Dimiliki
Bisnis lokal biasanya menawarkan harga khusus untuk pelanggannya yang masih berstatus mahasiswa. Jadi jangan lupa untuk membawa kartu mahasiswa Anda kemanapun Anda pergi.

“Ini dapat membantu Anda menghemat uang untuk berbagai pembelian, termasuk pakaian, makanan, hiburan, dan elektronik." terang Mangaliman. (*)

Tags anak kosBagikan

RELATED NEWS