TNI AU Latihan di Kepri Coral

Pratiwi - Senin, 30 Mei 2022 10:47 WIB
null

BATAM (sijori.id) - 30 penerbang dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak, Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaruu, mengadakan latihan parasailing di Perairan Kepri Coral, Batam Kamis 26 Mei 2022 dan Jumat 27 Mei 2022. Latihan diadakan dibawah garis komando Koopsud I. Batam memiliki karakteristik yang cocok untuk latihan parasailing bala tempur. Sehingga, sudah 2 tahun ini, Batam menjadi lokasi latihan parasailing Koopsud I.

"Latihan parasiling ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Batam, dengan Lanud Hang Nadim sebagai tuan rumah. Syukur alhamdulilah semua berjalan dengan baik, aman dan lancar," kata Danlanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan, Sabtu 29 Mei 2022.

Skenario latihan ini dirancang, satu pesawat tempur sedang menjalankan misi operasi. Saat operassi tersebut, pesawat mengalami situasi yang tidak diinginkan. Sehingga penerbang harus keluar dari kokpit pesawat tempur untuk menyelamatkan diri.

Proses penyelamatan diri inilah yang dilatihkan ke penerbangan tempur. Bagaiman bisa menyelamatkan diri dan mendarat dengan selamat. Selama ini pelatihan menggunakan parasut dan menyelamatkan diri di tanah, sudah dijalani para penerbang tempur.

Namun, jika harus mendarat di air. Tentunya ini menjadi sebuah kendala dan penerbang tempur harus menyesuaikan diri saat mendarat di laut. Pelatihan ini sangat penting, untuk keselamatan penerbangan tempur. Sebab

"Bila mendarat di atas tanah, tentunya tidak mengalami banyak kendala. Namun bila seorang penerbang harus mendarat di air atau di laut dengan parasut, ini yang akan menjadi masalah bila tidak dilatihkan," ujar Marsda TNI Tedy Rizalihadi saat penutupan latihan parasailing di Lapangan Mako Lanud Hang Nadim.

Latihan parasailing diadakan sekali setahun. Kemungkinan, tahun depan Batam akan terpilih lagi sebagai tempat latihan parasailing. (*)

Tags TNI AUBagikan

RELATED NEWS