Xiaomi Luncurkan HyperOS Sebagai Pengganti MIUI

Pratiwi - Rabu, 18 Oktober 2023 14:34 WIB
Bukan MiOS, Xiaomi Justru Luncurkan HyperOS Sebagai Pengganti MIUI

CHINA (sijori.id) - Xiaomi dilaporkan baru saja secara resmi mengumumkan penerus UI-nya saat ini yaitu MIUI yang diperkenalkan dengan nama Xiaomi HyperOS. Pengumuman resmi dari Xiaomi ini tentu telah mengakhiri rumor soal OS lanjutan dari MIUI.

Sebelumnya, dilaporkan Xiaomi memilih nama sistem operasi baru yaitu MiOS. Namun, baru-baru ini Xiaomi mendaftarkan merek dagang untuk Xiaomi Pengpai dan Xiaomi Hyper. Menariknya, meski dalam bahasa Inggris disebut sebagai HyperOS, terjemahan bahasa Mandarin dari nama OS tersebut justru ThePaper OS.

Dalam perkembangan ini, seperti yang dilansir Trenasia dari Gizchina pada Selasa, 17 Oktober 2023, CEO Xiaomi Lei Jun telah mengonfirmasi bahwa seri Xiaomi 14 mendatang akan menjadi yang pertama yang menampilkan OS baru ini. Produksi kabarnya sudah berlangsung yang menandai langkah signifikan dalam rencana perusahaan tersebut.

Lebih lanjut, Lei Jun dilaporkan menyatakan bahwa HyperOS secara bertahap akan menggantikan MIUI di perangkat lama yang saat ini berjalan di dalamnya.

Meski begitu, detail lebih lanjut mengenai OS HyperOS baru ini dipekirakan akan terungkap seiring semakin dekatnya peluncuran jajaran perangkat terbaru Xiaomi yaitu Xiaomi 14. Jajaran produk Xiaomi 14 kemungkinan akan dirilis akhir tahun ini dan akan menggantikan seri ponsel Xiaomi 13 yang diluncurkan pada Desember 2022. Skin MIUI yang saat ini digunakan di semua ponsel dan tablet Xiaomi sendiri juga telah ada selama hampir 13 tahun.

Dalam postingan di X atau Twitter, CEO Xiaomi Lei Jun mengonfirmasi kabar ini di mana ponsel yang akan mendapatkan HyperOS terlebih dahulu adalah Xiaomi 14. Akan tetapi, Lei Jun tidak membocorkan tampilan OS baru tersebut atau mengungkapkan detail lain tentang hal tersebut.

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 14

Seperti yang dilansir Trenasia dari Gadgets360 pada Selasa, 17 Oktober 2023, daftar lengkap spesifikasi model Xiaomi 14 yang bocor baru-baru ini menunjukkan kemungkinan ponsel tersebut memiliki sistem operasi baru, dengan menampilkan layar 6.44-inch Huaxing C8 OLED dengan resolusi 1,5K, kecepatan refresh 120Hz, tingkat kecerahan puncak 2.800 nits, dan dukungan Dolby Vision.

Diperkirakan Xiaomi 14 akan ditenagai oleh SoC Snapdragon 8 Gen 3 yang belum diumumkan dan kemungkinan akan dipasangkan dengan RAM LPDDR5x dan penyimpanan UFS 4.0. Seperti model Xiaomi 13, jajaran Xiaomi 14 juga disebut-sebut akan hadir dengan kamera Leica. Unit tiga kamera belakangnya diperkirakan mencakup kamera utama OV50H 50 megapiksel dengan stabilisasi gambar optik (OIS), sensor kedua 50 megapiksel dengan lensa sudut ultra lebar, dan sensor 50 megapiksel lainnya dengan lensa telefoto. (*)

Tags XiaomiBagikan

RELATED NEWS